Stand Up Comedy Indonesia

Ada yang pernah denger istilah Stand Up Comedy? Kalo belom pernah denger apa itu Stand Up Comedy, silahkan cari di google, yahoo, atau apapun yang biasa lu pake buat nyari info all over the web. Gue di sini gak mau cerita tentang apa itu Stand Up Comedy, bagaimana sejarahnya, bagaimana begini, bagaimana begitu. Pada kesempatan kali ini gue cuma pengen cerita kesan-kesan gue terhadap Stand Up Comedy, lebih khusus lagi, Stand Up Comedy Indonesia. Kalo mau sejarahnya atau awal mula ngetrennya di Indonesia bisa mampir ke situs bang pandji www.pandji.com

Pertama kali berkenalan dengan yang namanya Stand Up Comedy adalah nonton video bang Raditya Dika di youtube. Pas itu yang ngasih video nya cewek gue, gue dipaksa nonton, tapi gak pernah gue tanggepin. Pikiran gue waktu itu, ngapain coba nontonin Raditya Dika ngelawak? Gue memang ngefans sama dia, suka sama semua bukunya, tapi nonton dia ngelawak? Nanti dulu :))

Akhirnya entah gimana, gue tertarik juga untuk nonton video tersebut, dan hasilnya, gue ngakak setengah mati. Setelah ngakak-ngakak gak karuan, mulailah gue searching di youtube buat nyari aksi lain dari para comic (belakangan gue baru tau kalo comic adalah istilah buat seseorang yang melakukan Stand Up Comedy). Setelah menonton berbagai macam video Stand Up Comedy lokal, gue merasa bahwa Indonesia punya hiburan baru, hiburan yang lebih cerdas, mengena, dan yang penting gak pukul-pukulan *no offense

Hasil searching gue mempertemukan gue dengan beberapa comic yang bermain dengan genre nya masing-masing. Kalo gue ditanya siapa yang gue suka, gue bakal jawab gue suka semua, karena semua punya ciri khas  dan warna masing-masing. Gue suka Pandji dengan isu-isu kenegaraannya, gue suka Radit dengan keluh kesah konyolnya, gue suka Ernest dengan kecinaannya (maaf bang, gak bermaksud rasis,hehe), gue suka Ryan dengan tema-tema "enteng"-nya, gue suka Akbar dengan keahlian one-liner nya, gue suka Soleh, gue suka Asep, gue suka semua lah pokoknya. Bagi gue, para comic ini adalah orang-orang yang hebat. Bayangkan, mereka menggali materi dari hal-hal yang sebenernya terjadi di sekitar kita, membuatnya menjadi guyonan yang berisi kritik, pokoknya TOB bangeud dah.

Selain itu gue juga salut sama KompasTV yang berani mengadakan sebuah kompetisi Stand Up Comedy Indonesia yang sebenernya komedi dengan genre ini belum terbukti keberhasilannya di Indonesia. Namun kemampuan mereka untuk mendobrak kebiasaan menurut gue bener-bener terbayar. Sekarang Stand Up Comedy sudah semakin dikenal di Indonesia. Komunitasnya ada di mana-mana. Para comic juga makin bertambah dari hari ke hari. Inilah era baru komedi di Indonesia.

Harapan gue, semoga Stand Up Comedy ini terus berkembang dan terus menjadi hiburan di Indonesia, bukan hanya sekedar tren yang kemudian hilang ditelan waktu, Jaya terus Stand Up Comedy Indonesia

No comments:

Post a Comment