Manggil apa ya?

Buat gue, cara memanggil seseorang itu adalah salah satu hal penting dalam kehidupan. Kenapa penting? karena bagaimana cara kita memanggil seseorang itu akan menjadi sebuah awalan dalam hal yang selanjutnya akan kita lakukan terhadap orang tersebut. Coba bedakan dua kalimat panggilan ini
"mas, tolong ambilkan koreknya dong", dengan
"woi, tolong ambilkan koreknya dong"
Kedua kalimat tersebut sebenernya udah sama-sama pake kata "tolong" di dalamnya. Tapi tetep kalimat pertama lebih enak didengar kan? Itu karena panggilan kita terhadap orang tersebut lebih sopan daripada kalimat yang kedua.

Hal seperti ini seharusnya jadi hal yang sepele dalam menjalani rutinitas sehari-hari. Namun bagi sebagian orang, termasuk gue, hal ini justru tidak sepele. Gue punya kebiasaan manggil orang yang kelihatannya lebih tua dari gue, namun belum tua sekali, dengan panggilan "om". Tukang parkir di kampus gue dulu selalu gue panggil om, maunya sih menghormati mereka, soalnya kalo dipanggil pak juga belum setua itu. Mau dipanggil mas juga wajahnya udah keliatan tua, jadi gue panggilnya om.

Masalahnya adalah, akhir-akhir ini mulai banyak anak-anak yang lebih muda sekitar 5-7 tahun dari gue manggil gue om. Pertama kali dipanggil om sama mereka, buset dah gak enak banget rasanya. Gue udah serasa om-om yang kerjaannya cari mangsa di mall, atau seperti penjual barang-barang elektronik di pasar besar. Ternyata dipanggil om itu kagak enak. Satu-satunya orang yang tepat manggil gue om menurut gue adalah keponakan gue, gak yang lain. Bayangin deh lu lagi jalan-jalan di mall, tiba-tiba ada pelayan toko teriak "om, celananya ketinggalan", gue jamin semua orang yang ikut mendengar pasti akan berpikiran yang bagus-bagus tentang lu.

Gue jadi mikir, orang-orang yang gue panggil om itu perasaannya gimana ya? Apa sama risihnya kayak gue? Atau mereka enjoy-enjoy aja?

Trus ada lagi nih, pernah gak lu dikenalin temen lu ke orang, dan demi kesopanan lu manggil dia mas/mbak/abang dll., padahal umurnya sama kayak umur lu, malah bisa jadi lebih muda. Berasa aneh gak sih? Gue sih berasa aneh. Pernah gue dikenalin temen gue ke ceweknya, biar sopan gue panggil dia mbak, sampe sekarang, padahal umurnya sama persis kayak gue, cuma beda bulan aja.

Ada lagi, lu kenalan sama orang, biar akrab lu manggil dia bro atau sob. Kita yang manggil ngira panggilan ini baik-baik saja, malah terkesan akrab, padahal belom tentu. Bisa aja yang lu panggil itu mikir, wah sok akrab banget ni anak. Susah kan? Susah lah.

Sekarang malah muncul lagi panggilan akrab yang lain, biasanya diucapkan oleh pelayan toko, "silahkan kak mampir, ada diskon lho". Iya, maunya akrab, tapi gue ngerasa aneh. Kenapa aneh? lha itu pelayan tokonya jelas udah lebih tua dari gue, kenapa dia manggil gue "kak"? Geli aja gue dengarnya.

Inti dari semuanya ini adalah, pas kita ketemu dengan seseorang yang nggak atau belum kita kenal, ternyata mo manggil aja susah. Maunya akrab, malah jadi aneh. Oke, hal kayak ginian memang gak begitu penting, tapi gue yakin banyak dari kalian yang pernah merasakan hal yang sama kayak gue.

Akhirnya setelah nulis ini sambil mikir apa konklusinya, gue berkesimpulan, panggilan paling enak ke seseorang yang belum kita kenal adalah panggilan khas daerah kita. Karena gue tinggal di Jawa Timur, maka panggilan mbak atau mas gue rasa jauh lebih etis.




2 comments:

  1. haha saya pernah begini, dulu ada seseorang yang nggak suka kalo saya panggi kakak. Berhubung di Bogor jd saya panggil Teh aja dan sepertinya fine. Sampe saat itu saya msh bingung kenapa gamau dipanggil kakak. Tapi setelah saya sering dipanggil kakak.... kerasa deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang-kadang kita memang gak paham kenapa ada orang yang males kita panggil dengan sebuah sebutan yang menurut kita akrab sebelum kita dipanggil dengan sebutan yang sama, hehe

      Delete