Manusia Setengah Salmon, dari sudut lain

Tujuh Januari Dua Ribu Dua Belas hari Sabtu. Gue udah membulatkan tekad untuk berburu buku terbaru Raditya Dika, Manusia Setengah Salmon. Tadinya gue mo pinjem aja, hehe, tapi setelah nonton review dari Radit sendiri di MetroTV dan TVOne, gue memutuskan untuk beli. Sempat kecewa karena di Gramedia Malang Town Square, buku yang gue cari udah ludes. Meluncur ke Gramedia Malang Kota, lihat di tumpukan buku Best Seller juga gak ada, kecewa. Biar gak kecewa gue beli biografi Steve Jobs, dan saat gue mau pulang, ternyata buku terbaru Radit diletakkan di rak khusus. Langsung ambil.



Apa yang lu harapkan dari buku seorang Raditya Dika? Yang kata Pandji adalah "penulis cerita komedi nomer satu di Indonesia". Udah tentu lu ingin ketawa ngakak dan terhibur dengan tulisan-tulisan aneh tentang keluarganya dan pengalamannya yang sangat unik. Tapi kali ini gue gak menaruh ekspektasi apapun. Gue pengen baca buku ini sebagai sebuah buku, bukan sebagai sebuah karya hebat seorang penulis hebat, itu akan membuat pikiran gue lebih terbuka dan enjoy saat membacanya.

Gue butuh waktu dua hari untuk menyelesaikan membaca buku ini, karena gue cuma bisa baca pas malam. Hasilnya? Keren. Bang Radit berhasil bikin gue ngakak, bikin gue trenyuh dan akhirnya bikin gue merenung. Beberapa pengalaman yang ditulis bang Radit terjadi di gue.

Pada bab satu, Ledakan Paling Merdu, di awal hingga tengah gue berhasil dibikin ngakak tanpa henti, tapi di akhir gue dibikin diem dan merenung. Kalo Radit ini khotib, dia adalah khotib nomer dua di penggolongan yang dibikin Pandji. Pada bagian awal suka bikin ketawa, di bagian akhir bikin nangis. Pesan yang gue tangkep dari bab ini adalah kebersamaan kita, seorang anak, dengan bapak. Bapak gue kerja di luar kota, tapi setiap hari beliau pulang ke rumah. Berangkat pas gue masih tidur, pulang pas gue udah tidur, gue tinggal serumah sama bapak, tapi hampir gak pernah ketemu. Gue bisa ngobrol sama bapak cuma pas weekend.

Pernah ada kejadian lucu, atau tidak, pas halal bi halal di kompleks gue. Selesai acara ramah tamah, yang bahasa gaulnya makan-makan, gue sama bapak mojok. Apa yang kita lakuin? Gue ngobrol dan bercanda sama bapak, sampe ngakak-ngakak gak jelas. Kemudian tetangga gue datang, nyeletuk " yo ngono sing akrab, lek dino biasa lak jarang ngobrol tah " yang artinya "nah gitu ngobrol yang akrab, kalau hari biasa kan jarang ketemu". Bang Radit, lu sukses bikin gue merenung.

Bab lain yang mirip juga dengan pengalaman gue adalah Kasih Ibu Sepanjang Belanda. You know what? Ibu gue tipenya sama persis seperti ibu nya bang Radit. Kalo gue pergi jauhan dikit, persiapannya udah kayak gue mau berangkat perang. Gue pernah pas KKN ke suatu desa nan terpencil di balik gunung di dekat pantai, tiap malem ibu nelpon gue. Tanya lagi ngapain, udah makan belum, jangan tidur malam-malam, dan sebagainya. Sampai akhirnya gue memutuskan gak ngangkat telpon tiap ibu gue nelpon. Ibu gue gak pernah protes sih, hingga akhirnya ada suatu kejadian yang bikin gue mikir. Pas malem, temen KKN gue nerima telpon dari ibunya. Begitu nerima telpon, dia langsung bilang "Ibuuuuuuukkkkkk", sambil nangis. Temen gue ini memang anak perantauan, jarang banget ketemu ibunya. Tanpa basa-basi lagi, gue langsung ambil telpon dan menghubungi ibu gue. Bang Radit, lu sukses bikin gue merenung, lagi.

Sejatinya buku ini ditulis bang Radit dengan tema "pindah". Dalam kehidupan kita secara sadar atau tidak, secara sengaja atau tidak kita pasti mengalami "perpindahan". Gue setuju, dan "perpindahan" itu memang harus terjadi untuk membuat kita menjadi manusia yang lebih baik. Secara mental maupun fisik. Kenangan akan selalu indah untuk dikenang, namun apa yang akan kita capai nantinya juga akan menjadi kenangan-kenangan indah lain di waktu yang akan datang.

Bagi gue, buku ini sangat bagus, sangat brilian, bukan sekedar haha-hihi doang. Gaya menulis dan berpikir bang Radit udah jauh berbeda. Sebuah humor tentang realita kehidupan yang kadang tidak pernah kita sadari atau malah kita cibir. Bang Radit berhasil bikin gue (minimal) untuk lebih menghargai apa-apa yang kita punya. It's more than just a jokes, it's about life and love, bravo bang Radit, you're doin' a great job, respect.


No comments:

Post a Comment