N-KRO, butuh gak sih?

Beberapa hari ini tiba-tiba teman gw nanya-nanya masalah keyboard ke gw. Keyboard yang dimaksud adalah keyboard untuk mengetik ya, bukan keyboard alat musik. Dia nanya-nanya keyboard yang cocok buat dia, hingga akhirnya dia melontarkan pertanyaan "N-KRO itu apa? gunanya apa?". Dari sinilah gw jadi punya inisiatif untuk membahas apa itu N-KRO. Sekali-kali ngomongin yang agak teknis lah di blog gw, hehe.


N-KRO adalah kependekan dari N-key rollover. Apa itu N-KRO? yakni kemampuan sebuah keyboard untuk me-register beberapa tombol yang ditekan secara bersamaan menjadi sebuah perintah ke komputer. Jika kita melihat keyboard yang berharga mahal, 400 ribu keatas, pasti di bagian spesifikasinya tertulis full N-key rollover/true N-key rollover atau x-key rollover ( "x" menggambarkan angka, kebanyakan 6 ). Apa maksudnya?

Full N-key rollover atau biasa juga disebut true N-key rollover berarti keyboard tersebut dapat menerima dengan benar berapapun banyaknya tombol yang ditekan secara bersamaan pada keyboard tersebut. Biar gampang gw kasih contoh deh ya. Sepuluh huruf berikut ini gw tekan secara bersamaan " gadfsuyopi " dan lu lihat, kesepuluh huruf yang gw tekan teregister dengan baik. Sekali lagi, kesepuluh huruf yang gw tandai merah itu ditekan secara bersamaan. Sebenernya lebih dari sepuluh huruf sekalipun juga bisa, tapi karena jari gw cuma sepuluh, dan gak ada temennya mencet jadi ya sepuluh aja, hahaha. Kok bisa sepuluh muncul dengan benar? Ini karena keyboard gw termasuk Full N-KRO.

Kemudian jenis kedua biasa tertulis x-key rollover, di mana "x" biasa diisi dengan angka. Bisa 4-key rollover, atau 6-key rollover. Kebanyakan yang beredar di pasaran adalah 6-key rollover. Bilangan di depan menunjukkkan jumlah tombol yang bisa ditekan sekaligus. 6-key rollover berarti keyboard tersebut "hanya" bisa me-register enam tombol secara bersamaan. Jika menekan tombol lebih dari enam, maka yang te-register hanya enam saja.

Nah, kita sekarang sudah tahu apa itu N-KRO atau x-KRO, trus fungsinya apa? Sangat perlu kah? Basically, 6-key rollover sesungguhnya sudah sangat cukup, bahkan 4 saja sudah cukup. Saat bermain game misalnya, maksimal hanya 4 tombol saja yang kita tekan secara bersamaan. Tidak percaya? Silahkan coba sendiri. Keyboard yang full N-KRO biasanya digunakan untuk program-program yang mengemulasi alat musik keyboard. Ada juga game tertentu yang menggunakan banyak tombol sekaligus (walau gw juga kurang tahu game yang mana).

Sekarang sudah tahu kan apa itu N-KRO. Jadi tiap membeli keyboard bisa dicek dulu di box nya, sesuaikan dengan kebutuhan.

Catatan : fungsi full N-KRO hanya bisa digunakan jika port yang digunakan adalah PS/2. Port USB memiliki keterbatasan sehingga maksimal hanya support hingga 6-kro. Pada keyboard yang berspesifikasi full N-KRO selalu disertakan converter post PS/2.

1 comment:

  1. Wah thx bgt bro, gw milih2 keyboard yg bsa diteken skaligus, soalnya gw maen guitar hero 3 di PC, karna gw udh tau ini, jadi gw bsa maen game dgn enak, semua bsa dipencet :D thx bgt bro infonya, moga2 bermanfaat bwt yg laen :D

    ReplyDelete